Breaking News

Kejagung Periksa Ketua Komite KADIN di Kasus Dugaan Korupsi BAKTI Kominfo > Wamenaker: Perppu Cipta Kerja Tak Terapkan PKWT Seumur Hidup > Ketua Umum PP Lidmi: Putusan PN Jakpus Error in Objecto dan Bertabrakan dengan Amanat UUD NRI 1945 > Ketua FKUB Kabupaten Jayapura: Penyanderaan Pilot Susi Air Harus Segera Diakhiri > KPK Kirim Tim Periksa Harta Dirjen Pajak Rafael ke Minahasa dan Yogyakarta > FSGI Kritik Kebijakan Masuk Sekolah Jam 5 WITA dI NTT, Ancam Kesehatan dan Kosentrasi Belajar Anak Didik

Lala Komalawati

Lala Komalawati
Caleg DPRD DKI Jakarta
Lk
Sabtu, 18 Maret 2023, 00:11 WIB
Last Updated 2023-03-18T07:11:51Z
EKONOMI BISNIS

Gerakkan Baru Untuk Papua, PMI dan BIN Kolaborasi Tingkatkan Ekonomi Rakyat


Jayapura, detiklinenews.com - Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Papua Muda Inspiratif (PMI) telah menjalin kolaborasi untuk memberikan semangat baru bagi para anak muda Papua. Salah satu langkah konkrit yang dilakukan adalah pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sehingga generasi muda Papua mendapatkan stimulus positif untuk meningkatkan kreativitasnya.


PMI yang menjadi sebuah organisasi binaan BIN mempunyai tugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda di Tanah Papua. Nantinya, PMI akan menempati Gedung PYCH dan mengajarkan tentang teknologi informasi serta cara mengaplikasikannya untuk pengembangan diri ataupun berbisnis sampai skala internasional. 


Gedung PYCH harus dimanfaatkan oleh PMI untuk memunculkan dan memaksimalkan potensi dari seluruh anak muda Papua, baik dari sisi kreatif maupun pemanfaatan ekonomi. Untuk itu apresiasi kepada pemerintah dan BIN perlu diberikan atas upaya dan komitmen demi memajukan masyarakat Papua. 


“Apresiasi yang mendalam perlu diberikan atas kepedulian Presiden Jokowi dan BIN berkat dibangunnya Gedung Papua Youth Creative Hub, PMI adalah organisasi untuk mengembangkan potensi dari Orang Asli Papua (OAP) dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua. ” ujar salah satu Founder PMI, George Sea.


PMI akan menempati Gedung PYCH dan mengajarkan tentang teknologi informasi serta cara mengaplikasikannya untuk pengembangan diri ataupun berbisnis sampai skala internasional. Pembelajaraan ini tentunya akan mengarah pada kesejahteraan masyarakat, khususnya di Papua. 


Selain itu, PMI memberikan label dengan nama PYCH untuk menjadi brand dari produk hasil olahan jagung dari masyarakat binaan mereka. PMI menggencarkan program pertanian sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan pangan Papua.


Koordinator PMI Jayapura, Daud Edison Yarisetouw menjelaskan, hasil panen akan dibeli oleh CV Tripilar Perkasa untuk dijadikan pakan ayam. Produk pakan ayam nanti akan dikemas dengan label PYCH. 


"Kami mengadakan panen bersama. Jadi di lahan ini panennya bertahap. Ini (program penanaman jagung) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya ketahanan pangan," kata Daud


PMI atas bimbingan BIN telah mempersiapkan segala sesuatunya dari mulai pengolahan lahan jagung hingga distribusi hasil jagung. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan nilai ekonomi atas hasil panen sehingga roda perekonomian di Papua dapat terus bertumbuh. Rill/RED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar