Breaking News

Kejagung Periksa Ketua Komite KADIN di Kasus Dugaan Korupsi BAKTI Kominfo > Wamenaker: Perppu Cipta Kerja Tak Terapkan PKWT Seumur Hidup > Ketua Umum PP Lidmi: Putusan PN Jakpus Error in Objecto dan Bertabrakan dengan Amanat UUD NRI 1945 > Ketua FKUB Kabupaten Jayapura: Penyanderaan Pilot Susi Air Harus Segera Diakhiri > KPK Kirim Tim Periksa Harta Dirjen Pajak Rafael ke Minahasa dan Yogyakarta > FSGI Kritik Kebijakan Masuk Sekolah Jam 5 WITA dI NTT, Ancam Kesehatan dan Kosentrasi Belajar Anak Didik

Lala Komalawati

Lala Komalawati
Caleg DPRD DKI Jakarta
Lk
Minggu, 19 Maret 2023, 06:41 WIB
Last Updated 2023-03-19T13:41:49Z
EKONOMI BISNIS

PMI Binaan BIN Kembangkan UMKM dan Ekonomi Kreatif Papua


Jayapura, detiklinenews.com - Papua Muda Inspiratif (PMI) binaan Badan Intelijen Negara (BIN) mewadahi pelatihan pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif bagi masyarakat Papua. Salah satu pelatihan yang digelar PMI berada di Kampung Tobati, Papua.


Tujuannya agar masyarakat Kampung Tobati dapat membangkitkan potensi wisata melalui sektor ekonomi kreatif.


Menurut Wakil Direktur PMI, Neil Awoy, pelatihan ekonomi kreatif ini merupakan langkah kecil yang diharapkan mampu memberikan dampak besar.


“Apa yang saat ini dilakukan oleh Papua Muda Inspiratif adalah langkah-langkah kecil yang harapannya akan mampu menstimulus, mengajak teman-teman untuk membuat dampak yang luar biasa," kata Neil Aiwoy.


Neil Awoy menegaskan, pelatihan ini juga sebagai upaya untuk menggandeng Pemerintah Daerah dan komunitas lain agar sama-sama berkolaborasi mengembangkan potensi ekonomi kreatif masyarakat Papua.


“Papua Muda Inspiratif hadir bukan untuk bersaing atau berkompetisi, tapi bekerja sama dan berkolaborasi untuk melakukan hal yang baik," tegasnya.


Selain itu, PMI binaan BIN juga meresmikan sekretariat sekaligus menjadi pusat penjualan produk pelaku UMKM binaan mereka. Produk UMKM ini berada di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Sekretariat PMI Kabupaten Mimika itu diresmikan langsung oleh Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, I Gde Made Kartikajaya bersama jajarannya. 


Peresmian Sekretariat PMI Kabupaten Mimika merupakan langkah upaya dalam menyejahterakan masyarakat kabupaten Mimika, Papua. Pasalnya, PMI bersama BIN akan terus melakukan pelatihan pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif untuk masyarakat sekitar.


"Saya bersyukur kini PMI sudah punya sekretariat dan tempat bisnis. Kami percaya PMI dapat memberikan manfaat dan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat Papua," kata Ketua PMI Kab. Mimika Eka Kora.


Wakil Direktur PMI, Neil Aiwoy mengatakan, PMI akan berusaha dalam mewadahi masyarakat Papua untuk bisa terus mengambangkan UMKM sekaligus menjadi pasar bagi masyarakat Papua yang bingung untuk menjual produknya.


“PMI ini memberikan ruang dan memfasilitasi teman-teman yang selama ini punya kreatifitas tapi tidak ada pasarnya, atau tidak ada tempat untuk di jual, sehingga sekretariat ini akan berfungsi sebagai marketplace offline," kata Neil.


PMI merupakan binaan BIN yang bertugas untuk membawa semangat baru bagi anak-anak muda Papua agar dapat mengimplementasikan ide dan gagasannya untuk kesejahteraan masyarakat Papua. Rill/RED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar