Breaking News

Kejagung Periksa Ketua Komite KADIN di Kasus Dugaan Korupsi BAKTI Kominfo > Wamenaker: Perppu Cipta Kerja Tak Terapkan PKWT Seumur Hidup > Ketua Umum PP Lidmi: Putusan PN Jakpus Error in Objecto dan Bertabrakan dengan Amanat UUD NRI 1945 > Ketua FKUB Kabupaten Jayapura: Penyanderaan Pilot Susi Air Harus Segera Diakhiri > KPK Kirim Tim Periksa Harta Dirjen Pajak Rafael ke Minahasa dan Yogyakarta > FSGI Kritik Kebijakan Masuk Sekolah Jam 5 WITA dI NTT, Ancam Kesehatan dan Kosentrasi Belajar Anak Didik
Lk
Sabtu, 24 Juni 2023, 06:05 WIB
Last Updated 2023-06-24T13:06:34Z
POLITIK

Peringatan Puncak Bulan Bung Karno, Ganjar Pranowo: Kebahagiaanku adalah Mengabdi Pada Tuhan dan Negara


Jakarta, detiklinenews.com - Calon presiden (capres) yang diusung dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  Ganjar Pranowo membacakan naskah 'Dedication of Life' milik Bung Karno di puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (24/6/2023). 


Gubernur Jawa Tengah itu membaca naskah di hadapan sekitar 70 ribu kader dan simpatisan PDIP yang memenuhi GBK. 


"Saya adalah manusia biasa. Saya des tidak sempurna. Sebagai manusia biasa, saya tidak luput dari kekurangan dan kesalahan," ujar Ganjar membacakan Dedication of Life. 


"Hanya kebahagiaanku ialah dalam mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, kepada bangsa," ujar Ganjar yang saat ini masih menjabat gubernur Jawa Tengah itu.


Bunyi selanjutnya naskah tersebut adalah "Djiwa pengabdian inilah yang menjadi falsafah hidupku, dan menghikmati serta mendjadi bekal-hidup dalam seluruh gerak hidupku. Tanpa djiwa pengabdian ini saja bukan apa-apa. Akan tetapi dengan djiwa pengabdian ini, saja merasakan hidupku bahagia dan manfaat."


Untuk kilas balik, pada 2013 lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah membacakan naskah Dedication of Life yang sama. Pembacaan tersebut dilakukan Jokowi jelang pengumumannya oleh PDIP menjadi capres.


Adapun di lingkup PDIP, pembacaan pidato Dedication of Life Bung Karno merupakan hal yang sakral dalam prosesi kepartaian. Bersamaan dengan menyanyikan Indonesia Raya, kemudian Mengheningkan Cipta dan pembacaan teks Pancasila.


Diketahui sejumlah elite nasional hadir langsung dalam puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion GBK. Tokoh yang sempat disebut Ketua DPP PDIP, Puan Maharani bisa saja merupakan kandidat bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar. Terlihat hadir Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan. *Rill/Red

Tidak ada komentar:

Posting Komentar